Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2012/01/membuat-background-animasi-di-blog.html#ixzz25kagFuz3 nendhy_Haidar: Menulis Pengalaman Pribadi

Rabu, 10 Agustus 2011

Menulis Pengalaman Pribadi



Pada kehidupan sehari-hari tentunya manusia pernah mengalami kejadian lucu, khas, unik, aneh. Berbagai pengalaman seperti itu tidak atau menjadi lucu,khas, unik, dan aneh apabila tidak dikomunikasikan dengan orang lain. Artinya, pengalaman akan memperoleh maknanya apabila dikomunikasikan pada orang lain. Membaca hal-hal yang telah ditulis mengenai pengalaman masa lalu, agaknya dapat disamakan dengan melihat kejadian tersebut.Salah satu manfaat tulisan adalah penemuan diri.Hal ini dibenarkan dengan menulis pengalaman yang bernada akrab dan dapat membuahkan tulisan pribadi.
Menurut Tarigan (1994: 31), tulisan pribadi adalah suatu bentuk tulisan yang memberikan sesuatu yang paling menyenangkan dalam penjelajahan diri pribadi sang penulis. Dengan catatan atau laporan pribadi yang tertulis, kita dapat menangkap kembali atau merekam secara tepat apa-apa yang telah kita rasakan atau alami di masa lalu.Selain itu, tulisan pribadi juga mempersiapkan penulisan tugas-tugas yang jauh lebih pelik dengan jalan memudahkan kita menggarap suatu pokok-pokok pembicaraan yang telah kita pahami benar-benar dan dapat dengan mudah menyusun serta menatanya dalam suatu urutan waktu tertentu.
Depdiknas (2004: 55-56) menyebutkan, jenis-jenis pengalaman pribadi ada enam, yaitu pengalaman lucu, pengalaman aneh, pengalaman mendebarkan, pengalaman mengharukan, pengalaman memalukan, dan pengalaman menyakitkan.
Pengalaman lucu adalah pengalaman yang paling sering diceritakan atau dikomunikasikan kepada orang lain. Pengalaman lucu ini sering membuat orang yang terlibat menjadi tertawa.Dalam kondisi normal, tertawa adalah ukuran kelucuan itu. Demikian juga orang lain yang mendengar atau membaca cerita tersebut, mereka akan tertawa.
Pengalaman aneh adalah sebuah pengalaman yang mungkin saja terjadi sekali dalam seumur hidup.Dikatakan aneh karena pengalaman itu kemungkinan kecil terjadi.Misalnya, berjumpa dengan makhluk yang bersifat gaib dapat dianggap pengalaman yang aneh.
Pengalaman mendebarkan adalah pengalaman seseorang yang mengalami peristiwa mendebarkan.Pengalaman menunggu ujian adalah pengalaman yang mendebarkan. Pada saat seperti ini hati berdebar-debar, denyut jantung semakin keras, jumlah detak jantung naik sekian kali lipat.
Pengalaman mengharukan adalah pengalaman yang berisi ungkapan hati seseorang untuk dikomunikasikan dengan orang lain. Kita mungkin juga pernah mengalami pengalaman yang mengharukan.Para pelakunya sering menangis menghadapinya.Mendengarkan cerita sedih, kita sering terlibat dalam keharuan.Melihat orang buta yang tertatih-tatih mencari sesuap nasi adalah pengalaman yang mengharukan.
Pengalaman memalukan adalah pengalaman seseorang yang mengalami kejadian memalukan. Biasanya korban beserta orang-orang terdekatnya akan menanggung malu. Bagi si korban atau keluarganya, pengalaman seperti ini akan dibawa sepanjang hayat. Meskipun orang sudah melupakannya, bagi si korban pengalaman seperti itu tidak terlupakan.
Pengalaman menyakitkan adalah pengalaman yang paling membekas dalam hati pelakunya. Pelakunya akan selalu teringat dan akan sulit melupakannya. Bahkan, bagi orang yang amat perasa, dalam setiap kehidupan sehari-hari akan selalu teringat pengalaman itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar